Budidaya padi dengan pupuk organik Ciremai

Panen padi - POC Ciremai

Angka-angka statistik produksi pertanian menunjukkan bahwa produksi gabah padi di seluruh wprilayah Indonesia rata-rata mencapai 4 – 5 ton/ha. Sementara itu di wilayah-wilayah tertentu produksi dengan perlakuan khusus produksi gabah padi bisa jauh melampaui angka itu. CV. Anugerah Karya Makmur terus berupaya membantu petani dan pemerintah dalam meningkatkan produksi pertanian dan mencapai swasembada pangan nasional.

SYARAT TUMBUH
Padi dapat tumbuh pada ketinggian 0-1500 mdpl dengan temperatur
19-270C , memerlukan penyinaran matahari penuh tanpa naungan. Angin berpengaruh pada penyerbukan dan pembuahan. Padi menghendaki tanah lumpur yang subur dengan ketebalan 18-22 cm dan pH tanah 4 – 7.

PETUNJUK TEKNIS BUDIDAYA PADI
A.Benih padi
Atur jarak tanam berkisar 25 cm x 25 cm, kebutuhan bibit per 1000 m2 sawah memerlukan 1,5 – 3 kg. Ukuran ideal benih padi yang disebarkan sekitar 50-60 gr/m2. Perbandingan luas tanah untuk pembenihan dengan lahan tanam adalah 3 : 100, atau 100 m2 sawah : 3,5 m2 pembibitan
B.Perendaman Benih Padi
Lakukan seleksi benih padi dengan cara merendam dalam air bersih yang sudah dicampur POC Ciremai. Benih padi yang mengambang dibuang. Benih padi direndam campuran POC Ciremai dengan air, dengan takaran dosis 1 tutup botol POC Ciremai untuk 5 liter air, direndam selama 6-12 jam. Kemudian tiriskan dan masukkan karung goni. Selanjutnya diperam menggunakan daun pisang atau dipendam di dalam tanah selama 1 – 2 malam hingga benih berkecambah serentak.
C.Pemeliharaan Pembibitan/Penyemaian benih padi
Pada tahap persemaian benih padi membutuhkan cukup air, lahan pembenihan diairi bertahap hingga air mencapai ketinggian 3 – 5 cm. Pada saat bibit berumur 7-10 hari dan 14-18 hari, sangat dianjurkan melakukan penyemprotan POC Ciremai dengan dosis 3 tutup botol POC Ciremai untuk  1 tangki air bersih (17 liter).
D. Pemindahan benih Padi
Bibit padi yang siap dipindahtanamkan ke sawah berumur 15-21 hari, pada umur ini jumlah daun sekitar 6-7 helai, batang bagian bawah padi cukup besar dan kuat, pertumbuhan seragam, sehat dan tidak terserang hama / penyakit. Sangat dianjurkan melakukan pencelupan akar padi dalam larutan POC Ciremai dengan air dengan dosis 1 tutup botol POC Ciremai  untuk 5 liter air bersih. Ini bertujuan untuk membunuh bibit penyakit yang melekat pada akar padi serta untuk mencukupi kebutuhan makanan dan nutrisi pada saat padi mengalami banyak luka pada akar karena proses pencabutan.
F. Pemupukan padi
Pemupukan padi dengan pupuk organic cair Ciremai sangat baik dilakukan pada masa pra tanam, yaitu setelah tanah siap untuk ditanami disiramkan/disemprotkan campuran Pupuk organic cair Ciremai dengan dosis 10 tutup botol pupuk organic cair Ciremai untuk satu tangki /17 liter air. Sangat disarankan pada tahapan ini habiskan 2 liter Pupuk Organik Cair Ciremai untuk memperoleh hasil maksimal. Pemupukan padi selanjutnya dapat dilakukan pada 7 Hst, 15 Hst, 30 Hst, 45 Hst dan 60 Hst.

Anda akan mendapatkan hasil yang menakjubkan, karena padi lebih tahan terhadap serangan hama dan mampu meningkatkan hasil panen sampai dengan 50%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: